image

Cara Belajar Berhitung Mudah Bagi Anak

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas. Membaca, menulis, dan berhitung merupakan keterampilan dasar dalam belajar yang harus dimiliki seorang anak.Sayangnya, mengajari anak belajar berhitung bukan perkara yang mudah. Pasalnya, anak bisa saja kebingungan atau tidak berkonsentrasi dengan baik. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua?Cara mengajari anak belajar berhitungUmumnya, anak belajar berhitung saat memasuki PAUD atau TK. Namun, ketika anak berusia satu tahun, ... Selengkapnya

image

Tips Lolos SBMPTN

SBMPTN adalah ajang pencarian mahasiswa baru yang mungkin bisa dikatakan pintar atau beruntung. Mungkin diantara kita, masih banyak yang bertanya-tanya “Kok masuk PTN itu susah banget ya??” atau.. “Pengen banget masuk PTN ‘A’ tapi kayaknya ketat banget.” atau “Aduuh aku kayaknya nggak bodoh-bodoh amat tapi kenapa mau kuliah di PTN ‘B’ susah banget sih..” dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.Percaya dan bukalah matamu ... Selengkapnya

image

Etika Yang Perlu di Ajarkan Pada Anak Usia Dini

Tidak ada seorang pun anak yang terlahir nakal. Terkadang ia hanya tidak mengerti bahwa memotong pembicaraan, mengorek hidung di depan umum, atau berteriak kepada orang dewasa itu tidak sopan. Kuncinya, ajarkan etika pada Si Kecil sejak dini. Siapa yang harus mengajarinya? Anda, tentunya. Luangkanlah waktu di sela-sela kesibukan Anda untuk fokus mengajari Si Kecil mengenai etika.“Ajarkan etika pada balita dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti. Orang tua juga harus memiliki ... Selengkapnya

image

Perbedaan Pendidikan di Finlandia dengan Indonesia, Penasaran?

Finlandia adalah salah satu negara yang diakui oleh dunia memiliki sistem pendidikan yang terbaik. Sistem mereka berbeda dengan prinsip dasar pendidikan di Indonesia. Negeri Nordik ini tidak pernah memberikan pekerjaan rumah pada muridnya. Indonesia pun sempat dikabarkan hendak mengadopsi sistem ini. Tapi mungkin membutuhkan proses karena perbedaan nya masih cukup jauh.Penasaran apa yang membuat sistem pendidikan Finlandia istimewa karena mampu membentuk generasi yang sukses dan cemerlang? ... Selengkapnya

image

Anak Keseringan Main HP? Apa Dampaknya?

Memiliki gadget seperti smartphone, saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Generasi tua, muda, bahkan anak-anak, sudah sangat akrab dengan teknologi yang satu ini. Main HP sudah jadi salah satu rutinitas yang sulit dipisahkan dari anak. Ada beberapa dampak positif yang bisa diperoleh anak melalui penggunaan gadget, seperti dapat mengakses pengetahuan atau bahan pelajaran dengan mudah, mempermudah komunikasi di situasi darurat, serta memberikan hiburan. Namun, di balik manfaatnya, ... Selengkapnya

image

Anak Malas Belajar? Ketahui Yuk Penyebabnya

Anak malas belajar merupakan tantangan tersendiri bagi para orangtua. Melihat anak enggan mengerjakan PR atau membaca buku pelajaran tentu membuat Anda khawatir dengan performanya di sekolah. Namun, sebelum memarahi anak, sebaiknya cari tahu dulu penyebab anak malas belajar.Jangan terburu-buru menyalahkan anak ketika ia malas belajar. Ada berbagai penyebab yang mungkin membuat anak tidak suka belajar.Penyebab anak malas belajar menurut para ahliDengan mengetahu alasan anak malas belajar, ... Selengkapnya

image

Belajar Pagi VS Malam Mana Yang Lebih Baik?

Tipe-tipe orang memang macem-macem. Ada yang susah tidur dan ngerasa lebih aktif di malam hari, ada juga yang cepet banget ngerasa ngantuk ketika malam menjelang. Jadi bingung deh buat nentuin waktu belajar yang pas.. Malem takut kurang tidur, pagi takut gak fokus. Kira-kira, kapan sih waktu yang pas banget buat kita belajar secara optimal? Sebenernya, gak ada yang salah kok kalau kamu suka belajar malam hari atau belajar pagi hari pas lagi disekolah, karena keduanya punya manfaat ... Selengkapnya

image

SD Favorit di Surabaya, Apa Sekolah Kalian Termasuk?

Setiap tahun ajaran baru kita sebagai orang tua akan selalu disibukkan oleh kenaikan kelas dan mencarikan sekolahbaru untuk putra-putri kita. Sulitnya menentukan mana sekolah yang baik dan cocok baik bagi keluarga juga bagiputra-putri kita, membuat kita membanding-bandingkan sekolah-sekolah mana yang favorit dan cukup buat kantong kita.Manakala kita sebagai orang tua menyadari, bahwa sekolah yang dibutuhkan di era global saat kini adalah sekolah yangsecara bersamaan memiliki visi-misi yang ... Selengkapnya

image

Tips Belajar Kimia Dengan Mudah

Setiap pembelajar pasti ingin sukses dalam belajar. Ingin belajar tanpa kendala berarti. Bila perlu menerapkan prinsip ekonomi, modal sedikit untungnya banyak, sedikit usaha banyak memperoleh hasil bagus. Apakah mungkin bisa seperti itu?Sangat bisa, tentu dengan beberapa catatan. Dari mana memulainya? Bagaimana caranya belajar kimia yang benar dan hasil maksimal? Berikut tips dan trik, kunci sukses belajar kimia di SMA.Pelajaran kimia itu punya tipikal konsep/aturan/teori dan hubungan ... Selengkapnya

image

Apasih Bedanya Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di Jenjang SMA?

Apakah saat ini kamu sedang bingung menghadapi peminatan di sekolah? Ada jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Mana yang harus dipilih?Penjurusan atau peminatan adalah cara yang dilakukan oleh sistem pendidikan di Indonesia untuk membantu siswa semakin fokus pada suatu bidang keilmuan. Hal ini bertujuan untuk membantu. Namun, tak jarang siswa yang malah kebingungan dalam menghadapi momen ini.Salah satu cara untuk mengetahui bidang apa yang menjadi minatmu adalah dengan menelusuri riwayat nilai mata ... Selengkapnya

image

Kecerdasan Anak Yang Perlu di Asah, Moms Harus Tahu

Pernah terlintas dalam pikiran Moms, membanding-bandingkan anak dengan temannya.Temannya jago matematika, orangtua langsung panik melihat nilai matematika anaknya biasa-biasa aja. Demikian juga saat temannya jago olahraga orangtua langsung cemas. Sejatinya, sikap itu tak perlu muncul bila orangtua menganggap anak adalah individu yang unik. Mereka punya kelebihan juga kekurangan. Mereka juga punya kecerdasan tertentu yang sangat baik, tapi ada kecerdasan yang tidak terlalu ... Selengkapnya

image

Tips Untuk Menghadapi Anak Tantrum

Tantrum adalah ledakan emosi, yang biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, membangkang, atau marah. Ketika anak tantrum, Anda mungkin jadi frustasi dan bingung menghadapinya.Tantrum termasuk bagian dari perkembangan anak yang normal karena ia sedang berusaha menunjukkan bahwa dirinya sedang kesal. Umumnya, tantrum akan terjadi pada tahun kedua kehidupan anak, saat perkembangan bahasa anak usia dini mulai berkembang.Ini karena balita belum bisa ... Selengkapnya