image

Ini Dia 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 48

Webometrics, salah satu lembaga yang selalu melakukan pemeringkatan universitas- universitas terbaik di dunia, baru-baru ini mengeluarkan hasil pemeringkatan terbarunya, yakni edisi Juli 2020. Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol tersebut mendasarkan penilaiannya dari 4 aspek, yakni Presence, Visibility, Transparency, dan Excellence. Dari 4 komponen tersebut, aspek Visibility atau jumlah jaringan eksternal yan terhubung ke laman web institutusi, merupakan yang paling banyak bobot penilaiannya, yakni 50 persen dari total bobot keempat aspek.

Berdasarkan penilaian tersebut, berikut ini 10 perguruan tinggi negeri terbaik dari Indonesia:

1. Universitas Indonesia

Peringkat pertama ditempati oleh Universitas Indonesia ( UI). Universitas dengan 14 fakultas dan program vokasi yang terletak di Depok, Jawa Barat dan Jakarta ini bukan hanya kali pertama menempati peringkat wahid untuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Setidaknya, dari laman UI diketahui selama 2008-2016 Kampus Kuning ini berhasil menyabet 8 peringkat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, baik dari THES dan QS.

2. Institut Teknologi Bandung

Di posisi kedua adalah Institut Teknologi Bandung ( ITB). ITB selama ini dikenal sebagai satu institusi perguruan tinggi bidang teknik yang paling baik di Indonesia. Institusi pendidikan yang terletak di Kota Bandung ini merupakan sekolah tinggi teknik tertua di Indonesia yang berdiri sejak 2 Maret 1959. Tidak hanya di ranah teknik, Kampus Ganesha ini sekarang sudah memiliki fakultas di luar bidang teknik, yakni ekonomi dan kualitasnya sama-sama diperhitungkan.

3. Universitas Brawijaya

Lalu di peringkat ke-3 adalah Universitas Brawijaya ( Unibraw) yang ada di Malang, Jawa Timur. Masuknya Unibraw dalam jajaran universitas terbaik dunia dan masuk dalam Webometrics sejalan dengan visi yang dimiliki, yakni menjadi universitas unggul yang berstandar internasional. Universitas ini didirikan pada 5 Januari 1963 dengan status swasta dan awalnya hanya terdiri dari 2 fakultas, yakni hukum dan ekonomi. Namun, akhirnya pada 5 Januari 1963, Universitas Brawijaya dengan seluruh fakultasnya dinegerikan melalui Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 Tahun 1963.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) yang terletak di Surabaya menempati posisi ke-4 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2020. Tidak jauh berbeda dengan ITB, ITS juga fokus di bidang sains dan teknologi. Universitas yang sejarahnya dimulai pada 1957 ini memiliki program studi yang lengkap mulai dari Program Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana (Magister dan Doktoral). Tahun lalu, ITS menduduki peringkat 4 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menjadi yang pertama dalam hal Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran.

5. Telkom University

Telkom University yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom menjadi perguruan tinggi terbaik ke-5 di Indonesia, sekaligus perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik berdasarkan pemeringkatan Webometrics, Juli 2020. Berada di Kota Bandung, Jawa Barat Tel-U saat ini mencatat memiliki total 800 tenaga pendidik alias dosen dengan 28.789 mahasiswa sejak didirikan pada 2013. Tel-U hingga saat ini masih bertekat dan mewujudkan mimpi menjadi universitas penelitian dan kewirausahaan di Indonesia.

6. Universitas Gadjah Mada

Bergeser ke posisi ke-6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics, kali ini ditempati oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di Yogyakarta. Universitas dengan 18 fakultas dan 2 sekolah ini memiliki 256 program studi. Kampus ini memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

7. Universitas Airlangga

Posisi ke-7 kampus terbaik di Indonesia kembali diisi oleh perguruan tinggi yang lagi-lagi berasal dari Jawa Timur, Universitas Airlangga ( Unair) di Surabaya. Belum lama ini Unair juga masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia versi QS World University Ranking. Bahkan, peringkat versi QS ini mengalami peningkatan drastis dari tahun sebelumnya. Untuk 2020, peringkat Unair ada di 651-700 universitas terbaik dunia, namun untuk pemeringkatan di tahun 2021, Unair ada di posisi 521-530 terbaik dunia.

8. Universitas Sumatera Utara

Lalu di urutan ke-8, kali ini datang dari tanah Sumatera yaitu Universitas Sumatera Utara ( USU). Otomatis, peringkat yang didapatkan USU ini menjadikannya universitas terbaik di seantero Sumatera jika mendasarkan pada Webometrics. Awalnya, USU berasal dari Yayasan Universitas Sumatera Utara yang berdiri pada 4 Juni 1952. Pada tahun 40-an akhir, Gubernur Abdul Hakim berinisiatif mengimbu rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk mendirikan universitas. Hingga akhrnya universitas itu berhasil terbentuk dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Sokarno pada 20 November 1957 sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia.

9. Universitas Diponegoro

Di posisi ke-9 ada Universitas Diponegoro ( Undip) di Semarang, Jawa Tengah. Undip awalnya didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan tinggi, khususnya bagi masyarakat Jawa Tengah di bagian utara. Pada awal tahun 50-an, universitas negeri di Jawa Tengah dan DIY hanyalah ada UGM, sehingga tidak mampu menampung seluruh tamatan SMA di wilayah tersebut. Undip awalnya bernama Universitas Semarang, namun diubah menjadi Universitas Diponegoro pada 9 Januari 1960 oleh Presiden Soekarno.

10. Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta

Dan di posisi ke-10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Jawa Tengah. Universitas yang semula bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, resmi menjadi Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan Keputusan Presiden No. 55 Tahun 1982. Kini, UNS memiliki kampus tidak hanya di Surakarta, tetapi juga di Kebumen, Jawa Tengah.

Sumber : Kompas.com


www.ibsieducation.com