image

Resmi, Toyota GR Corolla Bakal Meluncur di GIIAS 2023 23

PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meluncurkan mobil baru di pameran GIIAS 2023. Satu yang terkonfirmasi adalah Toyota GR Corolla, hatchback berperforma tinggi yang sebelumnya lakoni debut global pada 2022 lalu.
"Karena sudah dekat GIIAS, kami bocorkan beberapa hal bahwa kami berencana membawa GR Corolla ke Indonesia untuk melengkapi keluarga GR," terang Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Jumat (14/7).
Dirinya menambahkan, hal tersebut sesuai masukan konsumen yang menginginkan model tersebut dijual di Indonesia, kendati dalam line-up GR Toyota sudah ada GR Yaris yang dijual terbatas 126 unit.
"Mau jumlahnya sedikit yang penting Indonesia harus ada, untuk nunjukin Indonesia sebagai salah satu negara yang punya market mobil seperti itu (hot hatch). Tapi ternyata nggak bisa hindari GR Corolla harus kita bawa. Dan terus terang saja jumlahnya juga terbatas," katanya.
Sebelumnya Toyota GR Corolla yang dibangun dari platform TNGA-C itu telah mendarat di Thailand dan dijual dengan harga Rp 1,7 miliar. Pabrikan mendapat jatah mobil yang didatangkan langsung dari pabrik Toyota Motomachi, Jepang, itu hanya 9 unit.
Bicara spesifikasi, GR Corolla menggendong mesin turbo intercooler G16E-GTS 3-silinder segaris 1.600 cc yang serupa GR Yaris. Namun di atas kertas lebih powerful, menjanjikan tenaga 302 dk pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm yang dicapai di putaran 3.000-5.550 rpm.
Dayanya tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan (dengan auto rev-matching) ke penggerak semua roda GR-Four. Toyota juga menyediakan pilihan mode berkendara Normal, Sport, dan Track yang membuatnya bisa melesat 0-100 km/jam dalam 5,5 detik.
"Mudah-mudahan detail mengenai harga, jumlah unit dan spesifikasi resmi Toyota GR Corolla di GIIAS sudah ada. Yang pasti unitnya sudah on the way lah," pungkasnya.